5 cara menghindari penyakit hati dalam islam

5 cara menghindari penyakit hati dalam islam

5 cara menghindari penyakit hati dalam islam

5 cara menghindari penyakit hati dalam islam
5 cara menghindari penyakit hati dalam islam

Kemuliaan manusia teletak pada kesungguhannya untuk membenahi diri dan mebenahi hati. Dengan cara itu maka hatinya akan jauh dari sifat-sifat tercela. Pembersihan hati merupakan kebutuhan manusia.

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin mengupas 5 cara menghidari peyakit hati dalam islam, apa saja itu, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini:

5 cara menghindari penyakit hati dalam islam

Keadaan iman sesorang mukmin dilihat dari hatinya, apabila hatinya bersih maka keselurahan ibadahnya akan bersih.

Sifat hati manusia tidak ada yang tahu kecuali dirinya sendiri, hati manusia memiliki keadaan yang berubah-ubah kadang baik dan kadang buruk (labil) Maka dari itu kita harus membentengi hati ini dengan baik dan benar agar berjalan dengan baik dan lurus.

Bagimakah cara membentangi hati agar tetap istiqomah dan terhindari dari penyakit hati yang bisa membuat hati (qalbu) menajadi keras.

Belajar dan memahami akidah isalm yang benar, baik tentang keimanan ataupun syariat serta mengamalkannya kebenaran akidah merupkan sumber segala perbaikan dan kebaikan.

Hal ini dilakukan dengan terus seantiasa menggali isi kandungan al-qur’an dan hadis

Membersihkan hati dengan berusaha mengamalkan seluruh syariat islam

meandang dunia dengan segala perhiasannya sebagai suatu yang akan punah dengan cepat dan sesuatu yang tidak seberapa di bandingkan akhirat.
Demkian juga memanda tujuan akhir kehidupannya adalah akhirat yang kekal abadi, sebagiaman firman alllah dalam al-qur’an

Qur’an surah yunus atay 24-25

إِنَّمَا مَثَلُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا كَمَاءٍ أَنْزَلْنَاهُ مِنَ السَّمَاءِ فَاخْتَلَطَ بِهِ نَبَاتُ الْأَرْضِ مِمَّا يَأْكُلُ النَّاسُ وَالْأَنْعَامُ حَتَّىٰ إِذَا أَخَذَتِ الْأَرْضُ زُخْرُفَهَا وَازَّيَّنَتْ وَظَنَّ أَهْلُهَا أَنَّهُمْ قَادِرُونَ عَلَيْهَا أَتَاهَا أَمْرُنَا لَيْلًا أَوْ نَهَارًا فَجَعَلْنَاهَا حَصِيدًا كَأَنْ لَمْ تَغْنَ بِالْأَمْسِ ۚ كَذَٰلِكَ نُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَىٰ دَارِ السَّلَامِ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

“Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti (hujan) yang Kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanaman-tanaman di bumi, di antaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya, dan pemilik-pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya, tiba-tiba datanglah kepadanya adzab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanaman-tanamannya) laksana tanaman-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang yang berfikir. Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam)”

Selalu mengingat bahaya segala macam perilaku tercela kehidupan dunia dan akhiratnya

bergantung dan berharap hanya kepda allah

idak ada tempat berharap selain kepada allah. kita harus sadar bahwa perbuatan tercela merupakan pebuatan penghancur diri sendiri

nah, itulah 5 cara meghindari penyakit harti dalam islam, begitulah keadaan hati manusia selalu harus di jaga karna disini awal sebauh kejahatan dan kebaikan mucul

semoga kita semua selalu menambah ketakwaan dan keimanan kita kepada allah. Swt dan tetap istiqomah dalam beribadah. Sampai jumpa lagi.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/2018/09/kumpulan-bacaan-sholawat-nabi-muhammad-saw.html